Tips Mudik menggunakan motor


Lebaran sebentar lagi, tips buat yang amu mudik menggunakan kendaraan bermotor khususnya roda dua,

  1. Kendaraan – Pastikan habis di servis atau plg gak di cek. Headlamp, mesin, rem + minyak rem, tekanan ban, pelumas (bisa jadi kalo memang perjalanannya jauh, pelumas perlu diganti sesaat sesudah tiba di kota tujuan).
  2. Surat kendaraan – SIM, STNK jangan lupa.
  3. Helm – selain rem dan minyak rem, jangan lupa bawa helm standar. Standar disini adalah standar SNI, baik bentuk maupun kekuatannya terhadap benturan.
  4. Masker – Tau sendirilah kondisi udara di Indonesia, apalagi waktu mudik pasti macet tuh jalan penuh kendaraan bermotor. Tapi kalo ndak nyaman juga ndak papa, lebih baik pake helm yg fullface kalo gak mau pake masker.
  5. Istirahat yang cukup H-1 – pastikan kondisi anda fit sebelum berangkat mudik. mental dan fisik. mudik bisa jadi salah satu arena buat menguji kesabaran. Kalau memang capek di tengah perjalanan, istirahat, jangan paksakan. Lebih baik sedikit terlambat tapi selamat. Manfaatkan itu tenda-tenda dan posko mudik dari perusahaan-perusahaan.
  6. Bawa barang seperlunya – jangan membawa barang berlebih. Motor tidak dirancang untuk menjadi kendaraan angkutan barang.
  7. 2 orang saja – kalau terpaksa membawa anak, dudukkan anak di tengah, jangan di depan!! dan jangan lupa juga pakaikan helm. Jangan naikin motor untuk membawa 4 orang atau lebih. Sangat tidak disarankan, berbahaya!! meskipun si bungsu bisa digendong, misalnya. Kalo memang lebih dari 4 orang, lebih baik pilih moda transportasi lain.
  8. Pelindung dada dan jaket – supaya ndak masuk angin. kasihan mbaknya yg jaga posko klo disuruh ngerokin.😀
  9. Minum + snack – bila perlu bawaah minum atau makanan ringan. jaga-jaga bila posko mudik masih jauh tapi sudah cape pengen istirahat.
  10. Obat-obatan pribadi – jaga-jaga saja bila pusing mendadak, mual karena mabuk darat dll.

One thought on “Tips Mudik menggunakan motor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s