Resensi Buku : Blink


Judul buku : Blink

Pengarang : Malcolm Gladwell

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tahun Penerbitan : 2007

Blink adalah buku mengenai dua detik pertama yang sangat menentukan ketika kita mengamati sesuatu–dua detik yang akan memberikan pemahaman dalam sekejap mata, yang terbentuk berkat pilihan-pilihan yang muncul dari dalam “komputer internal” kita, alias kemampuan bawah sadar kita.

Kemampuan inilah yang oleh Malcolm Gladwell disebut “Kemampuan berpikir tanpa Berpikir” dimana keputusan sekejap bisa didapat dari informasi yang sedikit namun akurat melalui snap judgement dan thin slicing.

Dalam Blink, kita akan melihat contoh-contoh menakjubkan kehebatan dari snap judgement dan thin slicing. Pakar benda seni yang mengenali barang antik palsi dalam sekali lihat, ahli cicip makanan yang mampu membedakan keripik mana buatan pabrik mana dalam sekali gigit atau gelas mana yang berisi pepsi dan gelas mana yang berisi Coca-Cola dalam sekali sesap.

Buku ini juga memberikan gambaran bahayanya membuat kesimpulan cepat: pemasar bisa memanipulasi kesan pertama konsumen, polisi bisa menembak mati seseorang yang tak bersalah, peserta pemilu bisa juga memilih presiden yang tampan namun ternyata tidak mampu bekerja.

Blink menyingkap bahwa orang-orang yang pandai mengambil keputusan yang tepat bukanlah orang yang memproses paling banyak informasi atau yang sengaja menghabiskan waktu paling lama, namun orang-orang yang telah melatih diri mereka untuk menyempurnakan seni membuat cuplikan tipis –thin slicing– menyaring sesedikit mungkin faktor-faktor terpenting dari sejumlah kemungkinan yang menggunung.

5 thoughts on “Resensi Buku : Blink

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s