Tentang Kegagalan


Sering saya mendengar bahwa semua orang ingin meraih sukes dan berusaha menghindari kegagalan.  semakin sering dia berusaha, semakin sering dia jumpai kegagalan.

Termasuk saya sendiri mengalaminya, banyak hal terjadi diluar kendali dan bayangan sebelumnya sehingga saya tidak punya waktu untuk mengelak mencari solusi tapi hanya bisa pasrah menerima kegagalan. tetapi kadang kegagalan itu terjadi karena kendali sendiri, seperti terlalu banyak yang dipikirkan sehingga tidak fokus dalam menyelesaikannya.

Ada yang bilang (termasuk guru saya waktu SD) “ketika kita sering mengalami kegagalan, sebenarnya itu adalah langkah awal menuju keberhasilan kita”.

Apakah itu sebuah pembenaran dari orang-orang yang gagal, ataukah memang jalannya demikian..

entahlah, yang jelas saya sendiri sering mengalami kegagalan, jika dihitung-hitung, lebih banyak gagalnya daripada berhasilnya…

Anda termasuk orang yang sering mengalami kegagalan? Jangan putus asa, karena disini banyak orang seperti anda, termasuk saya sendiri….😉

Leave a Reply

