Search Engine bahasa indonesia


Sebuah majalah IT pernah memberitakan bahwa 80% warga jerman menggantungkan pencarian web menggunakan google, termasuk pemerintah jermannya sendiri. Padahal mereka mempunyai search engine berbahasa jerman. entah apa alasan orang jerman sehingga mereka banyak menggantungkan pekerjaannya pada google.

Ada kekhawatiran muncul dari fenomena tersebut diatas. Para ahli disana berpendapat, entah apa yang terjadi jika google mati dalam hitungan menit. yang terbayang adalah “roda kehidupan” mereka akan berhenti mengikuti perkembangan google.

klo saya sendiri tidak terlalu memfanatikan suatu produk/merk, seperti pepatah ‘banyak jalan menuju roma’, begitu pula dengan search engine ini. Selain google, masih ada yahoo, msn, altavista, answer, dan yang lebih menariknya lagi ada search engine buatan lokal menggunakan bahasa indonesia, cangkok.com.

cangkok

cangkok2

saat ini saya belum bisa menjelaskan spesifikasi dari cangkok.com ini, tapi dari tampilannya sekilas mendekati gaya warna-warni google.

Saya sendiri terbiasa dengan google untuk pencarian yang umum (sumber refferensi, file, image, dll), sedangkan untuk mencari artikel terkait menggunakan wikipedia , untuk mencari software open source biasanya mampir di sourceforge.

Bagaimana dengan anda? search engine apa yang sering anda pakai?

13 thoughts on “Search Engine bahasa indonesia

  1. Sebulan yg lalu saya sudah coba pakai cangkok.com. Kata beberapa temen, memang masih baru, dan saya baca disitu emang sedang dikembangkan terus. Saya bandingkan kecepatannya, yach lumayan lebih cepat dibanding Yahoo. Tapi masih kalah cepat dibandin Google.
    Setiap hari saya coba kunjungi cangkok.com, untuk melihat perkembangannya. Saya pribadi ingin sekali dia berkembang dengan cepat dan baik, yach … seandainya memang serius mengembangkannya dan …. berhasil …. saya turut lega … hitung2 indonesia bisa punya search engine bagus. Mudah2an aja bakal berkembang.
    Dalam seminggu ini saya coba, kecepatannya secara rata2 sudah melebihi Google. Dan data2nya … saya coba di beberapa keyword (khususnya keyword “Indonesia”) … sudah lebih banyak dan lebih bagus dibanding Google.
    Rupanya dia/mereka serius mengembangkannya …. semoga …. yach semoga … bener2 bisa melebihi Google … khususnya di Indonesia ….
    Salam,
    Yuli

  2. Bravo buat Cangkok.
    Kita harus bangga ada anak lokal Indonesia yang bersemangat membangun dan mengembangkan Search Engine asli Indonesia.
    Saya pikir kita-kita punya kewajiban lho untuk membantu mengembangkannya dengan sering2 memberi masukan.
    Selamat & Sukses

  3. @yuli dan @roy : sering2 menggunakan dan menyebarkan cangkok ke yang lain, itu merupakan bentuk kecil bantuan kita untuk mengembangkan cangkok.com

  4. Iki baru gebrakane Arek Indonesia Asli, aku yakin InsyaAllah CANGKOK.COM iso dadi andalane Indonesia … ayo rek didukung ae … jolali cak

  5. Wah .. nggak nyangka .. cangkok.com ternyata ok juga, setuju deh buat bapak2 diatas .. perlu kita dukung Search Engine ini, siapa lagi kalau bukan kita2 .. ya to .. ya to .. ya to ??? .. sukses yo nggo bocah2 bogor sing wis upoyo gawe iki.

Leave a Reply

