Mebendazole, obat cacingan


Mebendazole

Mebendazole

Deskripsi:
Mebendazol adalah suatu turunan benzimidazole yang memiliki khasiat sebagai obat antelmintik (obat kecacingan) yang mempunyai jangkauan luas terhadap cacing-cacing parasit antara lain:
- Ascaris lumbricoides (cacing gelang)
- Trichuris trichiura (cacing cambuk)
- Enterobius vermicularis (cacing kremi)
- Ancylostoma duodenale (cacing tambang)
- Necator americanus (cacing tambang)

Pada manusia pemberian secara oral efektif terhadap cacing-cacing tersebut.
Prevalensi infeksi cacing A. lumbricoides (cacing gelang) dan T. trichiuria (cacing cambuk) masih tinggi di berbagai daerah di Indonesia, demikian pula dengan prevalensi infeksi cacing A. duodenale dan N. americanus (cacing tambang) yang masih tinggi di daerah pertambangan dan perkebunan.
Adapun kelompok yang masih rentan terhadap infeksi cacing adalah anak-anak usia sekolah.

Komposisi:
Tiap 5 ml sirop mengandung Mebendazol 100 mg.

Indikasi:
Mebendazol digunakan untuk pengobatan penyakit kecacingan seperti di bawah ini:
-Ascariasis (penyakit cacing gelang)
-Trichuriasis (penyakit cacing cambuk)
-Enterobiasis (penyakit cacing kremi)
-Ancylostomiasis (penyakit cacing tambang)
-Necatoriasis (penyakit cacing tambang)
-Infeksi cacing campuran

Dosis:
Ascariasis:
100 mg, 2 kali sehari selama 3 hari

Trichuriasis:
100 mg, 2 kali sehari selama 3 hari

Enterobiasis:
100 mg dalam dosis tunggal

Ancylostomiasis/Necatoriasis:
100 mg, 2 kali sehari selama 3 hari.
Infeksi campuran : 100 mg, 2 kali sehari selama 3 hari atau 500 mg dalam dosis tunggal untuk semua jenis infeksi.

sumber :

http://www.indofarma.co.id/

http://health.detik.com

14 thoughts on “Mebendazole, obat cacingan

    • efek obat pada tiap orang berbeda, jadi klo mengatakan bagus tidak nya, harus di lihat dulu riwayat kesehatan org yg minum obat ini.
      efek yang muncul masih tergolong ringan, jadi masih cocok untuk mengatasi cacing yang tumbuh kembang di perut masyarakat indonesia. :)

    • katanya, di bbrp orang terasa pusing n mual2 trus ada juga yg keringet dingin n ga enak perut.
      itu tandanya si obat lagi bereaksi.

      yg paling parah efeknya bisa menyebabkan kematian. tapi pada cacing nya lho..
      whehehe…

  1. tanya nih, di artikel lain ditulis takaran dosisnya berdasarkan berat badan dan sekali minum, tapi yang di atas itu kok ada yang diminum 2x sehari 100mg selama 3 hari?

    • dosis obat cacing tiu 3 bulan 1 kali untuk pencegahan.\
      klo dalam pengobatan (mksudnya ketauan ada cacingnya) itu bisa nyampe 1 minggu sekali.

      tergantung hasil konsultasi dengan dokter

  2. saya lagi bingung nih..obat cacing itu u anak di atas 2 tahun kan? trus anak saya masih berumur 23 bulan padahal dah 3 hari ini kalo dia pup, di kotorannya itu ada spt ampas kelapa banyak banget..trus habis gtu suka garuk2 pantatnya kalo pas diapers nya dibuka… jadi ceritanya saya nunggu nih sampe bbrp minggu spy bisa mnm obt cacing itu, karna ktnya itu obat keras mngandung toxin…, berat badan anak saya tuh dari umur setahun sampe sekarang cm 9 kg,,, tlg dong info jelasnya..

    • ampas kelapa? wah, itu apa ya?
      coba langsung konsultasi dgn dokter anak aja.
      harus di cek juga, di fesesnya itu cacing atau memang fesesnya seperti itu.

  3. akhirnya ketemu jg artikel yg bhas obat mujarab pembantai cacing, sbenarnya lom yakin jg sdh terinfeksi ato gak oleh cacing, tp belakangan ini (maaf) sekitar bokong,telapak kaki kadang geli gtu, yah untuk jga2 bsok k apotek beli obat cacing ni. btw klo penyakit kaki gajah disebabkan jenis cacing yg mna ya?? thx B 4

  4. Numpang nanya, berapa lama waktu yang dibutuhkan buat si Mebendazole untuk bereaksi membunuh cacing2 di perut?Trus berapa lama feses yang ada cacingnya meninggalkan perut kita?kapan perut kita bisa bebas dari cacing parasit lagi?? makasiii :)

  5. mau nannya dunkzzzzz….?
    baisanya efek yang bisa di timbulkan bagi penderita cacingan tuh pa za.??
    n kalau penderita cacing biasanya tidak mengenal umur yah..???
    karna kebanyakan q denger penderita cacingan tuch anak-anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s